Langsung ke konten utama

Tips Pembuatan Aplikasi Penggajian Karyawan dengan VB (Visual Basic)

Aplikasi Penggajian Karyawan dengan VB - Penggajian adalah salah satu aplikasi yang sering dibuat dengan program Visual Basic (VB). Software penggajian ada banyak macamnya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Untuk membuat aplikasi penggajian karyawan dengan VB ini langkah pertama yaitu membuat project baru. Selanjutnya simpan project baru tadi dalam folder tertentu. Dilanjutkan dengan membuat database.

Aplikasi Penggajian Karyawan dengan VB,program penggajian,visual basic,program visual basic,contoh program,aplikasi penggajian,cara membuat,program penggajian,gaji karyawan,program menghitung gaji,
Baca juga : Contoh Slip Gaji Karyawan Toko Berikut Komponen Penyusunnya

Untuk meletakkan database dengan memilih bin > Debug folder project. Secara umum tabel yang dimasukkan di aplikasi penggajian meliputi : Tabel Golongan, Tabel Jabatan , Tabel Petugas, Tabel Pegawai, Tabel Potongan, Tabel Gaji dan Tabel Detailgaji. Langkah berikutnya yaitu membuat Module untuk memudahkan akses database. Koneksi dibuat hanya sekali namun bisa dipanggil berkali-kali dari tiap form di project tersebut. Untuk membuat Module langkahnya yaitu klik menu Project > Add Module < Add, selanjutnya ketikkan script berikut :

Imports System.Data.OleDb

Module Module1
    Public Conn As OleDbConnection
    Public da As OleDbDataAdapter
    Public ds As DataSet
    Public cmd As OleDbCommand
    Public rd As OleDbDataReader
    Public str As String



    Public Sub Koneksi()
        str = "provider=microsoft.jet.oledb.4.0;data source=DBpenggajian.mdb"
        Conn = New OleDbConnection(str)
        If Conn.State = ConnectionState.Closed Then
            Conn.Open()
        End If
    End Sub
End Module

Berikutnya adalah membuat menu utama untuk menyatukan seluruh form di satu project.  Dilanjut dengan membuat Form Petugas untuk mengolah data kasir (petugas) yang menjalankan aplikasi. Status petugas yang login bakal menentukan hak aksesnya. Kemudian membuat Form login untuk tujuan keamanan aplikasi sehingga tak setiap orang bisa mengolah data ataupun bertransaksi. Form login pun berfungsi menetapkan hak akses pengguna untuk menu-menu tertentu.

Rangkaian yang berlangsung di form penggajian dimulai dari, ketika form dipanggil, maka akan muncul nomor slip gaji otomatis, tanggal transaksi. Kemudian saat mengisikan NIP maka aplikasi akan mencari NIP yang telah menerima gaji bulan ini. Bila data tak diperoleh maka diteruskan ke pengisian jumlah hadir selama satu bulan. Berikutnya pengisian jumlah jam lembur untuk satu bulan, pengisian rincian berbagai potongan dari pajak hingga asuransi jiwa.

Kemudian untuk pembuatan Laporan Data Master, digunakan Crystal Report. Ada dua pilihan yaitu : pertama membuat form khusus untuk memunculkan laporan. Form ini cuma berisi object CrystalReportViewer yang mempunyai property DOCK = FILL dan form dalam kondisi maximized, kedua dengan membuat form pemanggil laporan. Untuk membuat Laporan Penggajian, caranya sama dengan pembuatan Laporan Data Master. Pembuatan Laporan Penggajian disesuaikan dengan kebutuhan, membuat form khusus guna memunculkan Laporan serta membuat form pemanggil laporan.



Theme Editor by Seo v6