Rabu, 09 Agustus 2017

Kupas Tuntas Besaran Gaji Pegawai BPJS (Kesehatan dan Ketenagakerjaan)

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah lembaga yang didirikan pemerintah untuk melaksanakan program JKN. BPJS ini bersifat nirbala dan sebagai pengganti lembaga asuransi yang beroperasi sebelumnya. BPJS Kesehatan merupakan pengganti dari Askes, sementara BPJS Ketenagakerjaan sebagai ganti Jamsostek. BPJS Pusat ada di ibukota negara dan bertanggung jawab langsung kepada presiden.

Gaji Pegawai BPJS,karyawan bpjs kesehatan,pegawai bpjs,pegawai bpjs ketenagakerjaan,bpjs ketenagakerjaan,gaji karyawan,gaji pegawai,status pegawai bpjs,gaji bpjs ketenagakerjaan,
Baca juga : Besaran Gaji Pegawai BPJS Ketenagakerjaan

Tiap warganegara Indonesia ataupun warganegara asing yang menetap di Indonesia setidaknya selama 6 bulan diharuskan ikut dalam keanggotaan BPJS Kesehatan. Hal tersebut telah ditetapkan dalam Undang-undang yang mengatur tentang BPJS. Kepesertaan BPJS kesehatan ada beberapa macam yakni : PPU (Peserta Penerima Upah) , PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah) dan PBI. Sementara setiap perusahaan pun diharuskan mengikutsertakan karyawannya sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Tiap anggota BPJS Kesehatan dibebankan premi yang dibayarkan setiap bulan menurut kelas rumah sakit yang diambil. Bila mengambil kelas 1 maka anggota BPJS Kesehatan dikenakan premi wajib sebesar Rp.80 ribu/bulan, jika mengambil kelas 2 maka besar iurannya sebesar Rp.51 ribu/bulan dan terakhir jika memilih kelas 3 maka iurannya cuma Rp25.500/bulan. Sedangkan peserta BPJS Kesehatan kelompok PBI tak perlu membayar iuran per bulan sebab sudah ditanggung oleh negara lewat Dinas Sosial.

Ditargetkan tahun 2019 mendatang setiap warganegara Indonesia sudah semua sebagai anggota BPJS kesehatan sehingga akan memperoleh jaminan kesehatan. BPJS Kesehatan menanggung semua jenis penyakit sementara BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan JHT (Jaminan Hari Tua), JP, JKM dan sebagainya.

Untuk mendukung operasional BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan maka kedua lembaga ini harus ditunjang penuh oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional. Saat ini sudah ada ribuan pegawai sebagai pendukung operasional sehari-hari dalam melayani masyarakat. BPJS secara berkala pun masih membutuhkan pegawai-pegawai baru seiring dengan makin luasnya cakupan layanan yang diberikan. Para peminat bisa mengakses website masing-masing lembaga tersebut untuk menncari informasi terkini mengenai posisi-posisi apa saja yang sedang dibutuhkan.

BPJS sangat memperhatikan kesejahteraan para pegawainya. Para pegawai tak hanya menerima gaji pokok namun juga berbagai tunjangan lain yang cukup besar. Gaji pegawai BPJS dalam satu tahun bisa diberikan sebanyak 20 kali. Besaran gaji pegawai BPJS untuk berbagai jabatan adalah sebagai berikut :

BPJS Ketenagakerjaan :

- Customer Service, gaji Rp.4,2 juta / bln.
- Relationship Officer, gaji Rp.9,0 juta / bln.
- Marketing, gaji Rp.2,5 juta / bln.
- Relationship Staff, gaji Rp.9,0 juta / bln.
- Staff, gaji Rp.6,2 juta / bln.
- Manager, gaji Rp.16,0 juta / bln.
- Section Head, gaji Rp.32,5 juta / bln.
- Officer, gaji Rp.6,0 juta / bln.
- Public Relations, gaji Rp.8,0 juta / bln.
- Junior Staff / Account Staff, gaji Rp.6,0 juta / bln.
- Staff Marketing, gaji Rp.6,0 juta / bln.
- MRO Specialist, gaji Rp.4,0 juta / bln.
- Marketing Staff, gaji Rp.12,0 juta / bln.
- Marketing Executive Marketing Communication, gaji Rp.10,0 juta / bln.

BPJS Kesehatan :

- Claim Analyst Staff, gaji Rp.2,5 Juta / bln.
- Keuangan, gaji Rp.8,0 Juta / bln.
- Staf IT, gaji Rp.2,5 Juta / bln.
- Staf Keuangan, gaji Rp.4,0 Juta / bln.
- Staff, gaji Rp.6,3 Juta / bln.

Kupas Tuntas Besaran Gaji Pegawai BPJS (Kesehatan dan Ketenagakerjaan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Elin Pujiastuti