Sabtu, 12 Agustus 2017

Info Terbaru Gaji Pegawai Kereta Api Lengkap dengan Jenis-Jenis Tunjangan yang Diterima

Gaji Pegawai Kereta Api - PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tunggal penyelenggara angkuta kereta api di Indonesia. PT. KAI mengelola layanan kereta api di beberapa wilayah yang meliputi : propinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, dan seluruh propinsi di Jawa. Untuk menjalankan bisnisnya PT. KAI didukung oleh ribuan pegawai yang kompeten di bidangnya. Total ada 279 ribu pegawai yang dimiliki PT KAI.

Gaji Pegawai Kereta Api,gaji polsuska kereta api,pegawai pt kai,pegawai kereta api,gaji kondektur pt kai,pegawai kai,gaji masinis,gaji pegawai,kereta api,gaji karyawan,
Baca juga : Gaji Pegawai Kantor Pos Indonesia

Kendati memiliki jumlah pegawai yang cukup besar namun kesejahteraan seluruh pegawai tetap diperhatikan. Beberapa kali perusahaan ini menaikkan  gaji dan tunjangan para pegawainya. Saat ini gaji pegawai kereta api tertinggi dapat mencapai Rp.13 juta/bulan. Tidak sebatas pegawai berstatus tetap, bahkan penjaga palang pintu yang kebanyakan merupakan pegawai tak tetap juga memperoleh kenaikan gaji yang memuaskan. Bila di masa lalu para penjaga ini cuma memperoleh gaji sekitar Rp.1,3 juta / bulan, kini mereka bisa membawa pulang antara Rp.4,5 juta - Rp.6,5 juta/bulan. Untuk besaran gaji kereta api fresh graduate lulusan S1 sekitar Rp.4 juta - Rp.5 juta/bulan.

PT.KAI saat ini didukung oleh para pegawai dengan 3 macam status yakni sebagian sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai Perum dan pegawai perusahaan. PT KAI mengoperasikan sejumlah jenis kereta yang meliputi : kereta api (KA) Eksekutif , KA Ekonomi AC, KA Bisnis, KA Ekonomi , KA Campuran, KA Lokal dan KRL (kereta rel listrik). Perusahaan kereta api ini juga mempunyai armada angkutan BBM, peti kemas, CPO, minyak goreng, dan komoditi lain yang memerlukan pengangkutan.

Gaji pegawai kereta api sendiri tersusun atas beberapa komponen. Selain mendapatkan gaji pokok, tiap pegawai pun diberikan berbagai jenis tunjangan yang bahkan mencapai 20 macam. Berbagai jenis tunjangan itu meliputi :

- Tunjangan anak istri 10 % gaji pokok maksimal 3 orang.
- Uang emolemen yang untuk lulusan SMA sebesar Rp.200 ribu /bln sedangkan lulusan S1 sebesar Rp.600 ribu/bln
- Uang perjalanan dinas paling sedikit Rp.375 ribu/bln.
- Tunjangan resiko Masinis sekitar Rp.1 juta/bln.
- Tunjangan kebugaran polsuska kurang lebih Rp.1 juta/bln.
- Uang premi awak KA tergantung jabatan.
- Tunjangan Jabatan Struktural kepada pejabat terkait keselamatan perjalanan kereta api.
- Tunjangan penampilan untuk customer service.
- Tunjangan rekreasi.
- Tunjangan rumah.
- Tunjangan transportasi.
- Tunjangan kebugaran.

Jika dihitung dalam satu tahunnya tiap pegawai kereta api akan mendapatkan sampai 15 kali gaji tak terkecuali THR (tunjangan hari raya) dan ketika pegawai berulang tahun dengan 1 kali gaji. Pegawai KAI juga diberikan fasilitas uang pensiun atau Jaminan Hari Tua (JHT) dengan jumlah yang memadai.
Info Terbaru Gaji Pegawai Kereta Api Lengkap dengan Jenis-Jenis Tunjangan yang Diterima Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Elin Pujiastuti