Langsung ke konten utama

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko Berikut Komponen Penyusunnya

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko - Untuk mereka yang baru saja diterima bekerja di perusahaan swasta, karyawan toko, maupun instansi pemerintah, Selamat! Di akhir bulan anda akan menerima gaji pertama anda berikut slipnya. Sebelum itu anda harus mengetahui beberapa komponen gaji yang tercantum di dalam slip gaji. Pada prinsipnya komponen gaji meliputi gaji pokok dan tunjangan tetap. Besaran gaji pokok setidaknya 75 % dari jumlah gaji pokok dan tunjangan tetap sebagaimana tercantum dalam UU No. 13 tahun 2003.
  • Gaji Pokok
Gaji pokok merupakan gaji dasar yang ditentukan bergantung dari jabatan atau pekerjaan tertentu. Makin tinggi jabatan artinya makin berat tanggung-jawab pekerjaan yang dipikul. Jabatan ini mencerminkan kualifikasi dan kompetensi dari karyawan yang mengembannya. Perusahaan mematok gaji pokok mengikuti jabatan atau jenjang karir.

  • Tunjangan
Tunjangan merupakan pelengkap dari gaji pokok. Fungsinya bisa bersifat sosial ataupun insentif. Beberapa jenis tunjangan diantaranya : tunjangan jabatan, tunjangan transport dan tunjangan makan. Ada juga pembagian tunjangan menjadi tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

  • Potongan
Potongan diambil untuk hal-hal yang terkait dengan karyawan misalnya membayar pajak, premi kesehatan dan lainnya. Beberapa jenis potongan yang biasanya ada pada slip gaji yaitu : potongan pajak penghasilan, premi asuransi kesehatan, premi asuransi hari tua dan iuran BPJS.

  • Lembur
Jika karyawan dalam sebulan pernah lembur maka akan dibayarkan sebagai komponen gaji. Berdasarkan ketentuan Menakertrans No.102/MEN/VI/2004 menjelaskan bahwa lembur adalah waktu kerja yang melebihi 7 jam sehari dan 40 jam seminggu. Bila karyawan bekerja lembur maka sudah semestinya akan memperoleh uang tambahan tersendiri. Namun ini tergantung dari Peraturan Perusahaan (PP) atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB) apakah memang para karyawan bisa mendapat uang lembur atau tidak. siapa saja yang mendapatkan lembur dan siapa saja yang tidak mendapatkan lembur. Bahkan ada perusahaan yang mengatur, tidak ada uang lembur sama sekali. Bila tak ditentukan dalam PP atau PKB biasanya akan mendasarkan pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 102 tahun 2004.

Sebagai gambaran bagi para karyawan baru, berikut beberapa contoh slip gaji karyawan toko :

Contoh Slip Gaji Karyawan Toko,contoh slip gaji,slip gaji sederhana,slip gaji wiraswasta,slip gaji manager,slip gaji guru,slip gaji pns,slip gaji karyawan hotel,slip gaji,gaji karyawan,
Baca juga : Besaran Gaji Karyawan Yayasan Surya Nuswantara





Theme Editor by Seo v6