Langsung ke konten utama

Besaran Gaji Pegawai PLN Lulusan SMA

Gaji Pegawai PLN Lulusan SMA - Sampai sekarang total pelanggan listrik PLN untuk seluruh Indonesia mencapai 62 juta sambungan. Sedangkan rasio elektrifikasi hanya 88 % yang artinya masih ada 14 % jumlah penduduk Indonesia yang belum bisa menggunakan listrik. Agar bisa lebih mempercepat pencapaian rasio elektrifikasi hingga 100 % maka pemerintah meluncurkan program pembangkit listrik 35.000 MW yang dilengkapi jaringan transmisi 46.000 kms dan Gardu Induk 108.000 MVA sampai tahun 2019. Sehingga PLN butuh menambah sumber daya manusia dengan keahlian teknik yang akan mendukung terlaksananya program tersebut.

Gaji Pegawai PLN Lulusan SMA,pegawai pln,gaji di pln,gaji pln,pegawai pln kaskus,gaji pln vs pertamina,tunjangan pegawai pln,pegawai pln tingkat sma,gaji manajer pln,gaji karyawan,gaji pegawai,
Baca juga : Daftar Gaji Karyawan Pizza Hut

PLN membutuhkan pegawai baru dari lulusan SMA atau SMK, D3, S1 hingga S2. Semua detil mengenai rekrutmen PLN sendiri bisa diakses di website resmi pln.co.id. Setiap pelamar nantinya akan menjalani serentetan tahapan tes dari seleksi administrasi, tes akademis dan bahasa inggris, tes IQ, psikotest, tes kesehatan dan wawancara. PLN pun mulai menggunakan metode tes IQ dengan sistem Computerized Adaptive Testing (CAT). Setelah dinyatakan lulus dan diterima, maka setiap pegawai baru PLN ini akan menjalani masa pra jabatan selama setahun sebelum menjadi karyawan tetap.

Tak bisa dibantah bahwa gaji adalah salah satu pertimbangan penting seseorang melayangkan lamaran kerja ke PLN. Untuk gaji pegawai PLN lulusan SMA sendiri rata-rata Rp.2,7 juta - Rp.3,3 juta. Adapun  lulusan D3 bearnya antara Rp. 4,7 juta - Rp.5,3 juta. Dan lulusan S1 dapat mencapai Rp.5,7 juta serta lulusan S2 setidaknya Rp.10 juta. Aspek lain yang juga akan mempengaruhi besarnya gaji pegawai PLN yaitu divisi penempatan dan wilayah kerja. Contohnya pegawai PLN di divisi Quality control dari lulusan S1 akan diberikan gaji kurang-lebih Rp.5 jutaan yang hampir sama besar dengan di divisi legal. Sementara bagi pegawai di divisi keuangan besarnya kurang-lebih Rp.5,7 juta ditambah sejumlah bonus lain. Dan meskipun berada di divisi sama akan tetapi boleh jadi gaji yang diterima pegawai PLN bisa lebih besar dari lainnya dikarenakan penempatan wilayah kerja atau area. Bagi para karyawan yang ditempatkan di luar pulau Jawa umumnya akan menikmati tunjangan lebih besar dibanding pegawai yang ada di Jawa.

Untuk pegawai dari S1 fresh graduate yang diterima melalui program Officer Development Program (ODP) akan mengikuti training berkisar 6 bulan sampai setahun. Setelah itu baru mereka akan menikmati gaji penuh sekitar Rp.5,7 juta. Sementara gaji pegawai PLN dengan posisi supervisor umumnya akan memperoleh gaji berkisar Rp.12 juta - Rp.15 juta. Berikutnya untuk level manajer akan mendapatkan gaji bulanan sampai Rp.25 juta. Besaran gaji pegawai PLN tadi adalah besaran gaji pokok dan belum termasuk beberapa jenis tunjangan yang juga akan diberikan.


Theme Editor by Seo v6