Langsung ke konten utama

Tips Mudah Cara Perhitungan Gaji Karyawan

Cara Perhitungan Gaji Karyawan - Tak setiap karyawan paham perhitungan gaji yang diterimanya setiap bulan. Namun pimpinan perusahaan mesti paham betul cara perhitungan gaji karyawan yang dibawahinya. Dengan begitu pimpinan perusahaan akan bisa menjelaskan dengan gamblang kepada para karyawannya. Gaji merupakan salah satu komponen keuangan perusahaan yang harus dikelola dengan semestinya bahkan saat awal-awal memulai bisnis.

Cara Perhitungan Gaji Karyawan,cara menghitung,gaji karyawan,perhitungan gaji karyawan,gaji karyawan harian,gaji karyawan swasta,perhitungan gaji,gaji karyawan toko,gaji bersih,cara perhitungan,
Baca juga : Info Terbaru Gaji Pegawai Bank BNI

Besar kecilnya gaji karyawan ditentukan oleh sejumlah hal yang salah satunya yaitu jabatan karyawan bersangkutan. Struktur gaji karyawan dipengaruhi beberapa hal sebagai berikut :

- Kinerja karyawan
Besarnya gaji memang berbanding lurus dengan kinerja yang mampu diberikan karyawan untuk perusahaan. Jika beban pekerjaan karyawan cukup sulit dan juga beresiko tentunya harus diberikan imbalan yang pantas.

- Prestasi karyawan
Jika karyawan bisa memperlihatkan prestasi gemilang untuk perusahaan sudah barang tentu perusahaan harus memberikan bonus di samping gaji. Bonus merupakan penyemangat bagi karyawan untuk terus berprestasi.

- Kenaikan gaji berkala
Ini pun bisa memberi pengaruh pada kinerja dan memotivasi karyawan supaya lebih baik lagi.

Di samping gaji, karyawan pun memiliki hak memperoleh tunjangan baik yang bersifat tetap misalnya tunjangan jabatan dan tunjangan operasional serta tunjangan tak tetap misalnya uang makan dan uang transport.

Sejumlah hal penting lainnya pun mesti diperhatikan saat pembuatan struktur gaji karyawan yaitu :

- Dewan Direksi
Untuk yang ini tak usah dimasukkan dalam struktur gaji. Perjanjian antara Dewan Komisaris dan para pemegang saham sudah mengatur pembagian keuntungan yang akan diperoleh Dewan Direksi.
   
- General Manager
Manager harus memiliki struktur gaji yang jelas. Di samping gaji pokok level ini pun harus mendapatkan beberapa macam tunjangan diantaranya tunjangan jabatan,  operasional, transport sampai uang makan Bonus pun tak boleh ketinggalan.
   
- Supervisor / Kepala Bagian
Di samping sejumlah komponen gaji sebagaimana disebutkan di atas, untuk level ini pun harus diberikan tunjangan misalnya tunjangan kesehatan dan juga uang lembur.
   
- Pelaksana Teknis
Tingkatan jabatan ini memang tak diberikan tunjangan jabatan akan tetapi uang lembur tetap harus diberikan.

Cara perhitungan gaji karyawan dengan mempertimbangkan struktur jabatan ketika menyusun komponen gaji akan membuatnya lebih mudah dan jelas. Cara perhitungan gaji karyawan pun bisa mengaplikasikan rumus sederhana yang umum dipakai :

- Gaji dan tunjangan dengan nilai tetap 70% - 80% dari take home pay (dilambangkan dengan P)
- Nilai tunjangan tak tetap sebesar 20% - 30% dari take home pay (dilambangkan dengan Q).
- Besaran gaji pokok 70% - 80% dari P.
- Besaran nilai tunjangan jabatan 50% - 60% dari P.
- Besaran tunjangan operasional 30% - 40% dari P.
- Besaran tunjangan transport 50% - 60% dari Q.
- Besaran uang makan 30% - 40% dari Q.


Theme Editor by Seo v6