Selasa, 29 Agustus 2017

Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel

Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel - Diantara metode pengolahan data yang cukup gampang untuk menghitung gaji karyawan yaitu memakai software Microsoft Office Excel. Aplikasi yang terintegrasi dengan program-program keluaran Microsoft yang lain ini menggunakan formula (rumus) tertentu sehingga bisa mengolah data dengan otomatis. Rumus akan mengkalkulasi data yang diketikkan dan selanjutnya menyuguhkan hasilnya dalam kolom dan baris. Tata cara menghitung gaji karyawan dengan Excel akan dijelaskan berikut ini.

Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel,slip gaji karyawan,laporan gaji,cara menghitung gaji,menghitung gaji,karyawan swasta,program gaji karyawan,contoh format,gaji karyawan,microsoft excel,
Baca juga : Gaji Pegawai Bank Danamon

Pertama, buka program Microsoft Excel di laptop. Buatlah dua table yaitu Tabel I berisi kolom-kolom :

Kolom A 5: Kode

Kolom B 5: Nama Karyawan/Pegawai

Kolom C 5: Jabatan

Kolom D 5: Status

Kolom E 5: Gol (Golongan)

Kolom F 5: Gapok (Gaji Pokok)

Kolom G 5: Tunjangan

Kolom H 5: Astek

Kolom I 5: Gaji Bersih

Sementara Tabel II dipakai menjadi tabel sumber data bagi tabel I dan terdiri dari 3 kolom yaitu : Gol, Gapok, Tunjangan.

Tentukan kode untuk penunjang berfungsinya formula yang digunakan menghitung dan memunculkan data di tabel I. Kode-kode tersebut misalnya : AKT, ADM, SAL, OPE menjadi kode untuk jabatan karyawan. Berbagai kode tersebut akan berfungsi dengan otomatis di Tabel I kolom C (Jabatan) sebagai gabungan dua formula ialah formula If dan Left. A menjadi kode Golongan karyawan. Kode tersebut beroperasi untuk menyuguhkan data di tabel I kolom E. Data yang dihasilkan dalam kolom E adalah data yang berasal dari tabel II memakai formula MID.

K menjadi kode status karyawan yang menjadi sumber data untuk kolom D menggunakan formula IF. Penulisan bisa dengan : AKT-A-T. Sementara untuk tabel I, kolom-kolom selanjutnya ini merupakan hitungan yang umumnya digunakan pada Excel yaitu :

- Tunjangan sebesar 10% dari Gapok.
- Astek sebesar 2 % dari Gapok
- Gaji Bersih dihitung dari Gaji Pokok+Tunjangan+ Astek

Masukkan data tabel I kolom A dan B dengan manual menurut kode-kode yang ditentukan tadi.  Untuk kolom C 6 (Jabatan) masukkan formula :

=IF(LEFT(A6;3)=”AKT”;”AKUNTANSI”;IF(LEFT(A6;3)=”ADM”;”ADMINISTRASI”;IF(LEFT(A6;3)=”OPR”;”OPERATOR”;IF(LEFT(A6;3)=”SAL”;”SALESMAN”;”MAAF, KODE ANDA SALAH”))))

Untuk kolom D 6 (status) masukkan formula =IF(RIGHT(A6)=”K”;”Kawin”;”Bujang”)

Untuk kolom E 6 (Gol) masukkan formula =MID(A6;5;1)

Untuk kolom F 6 (Gapok) masukkan formula =VLOOKUP(E6;G21:I23;2)

Untuk kolom G 6 (Tunjangan) masukkan formula =10%*F6.

Untuk kolom H 6 (Astek) masukkan formula =2%*F6

Untuk kolom I 6 (Gaji Bersih) masukkan formula =F6+G6+H6

Sementara untuk baris selanjutnya caranya sama saja dengan yang diatas yaitu memasukkan datanya secara manual. Jika keliru dalam menginput kode di kolom A maka otomatis di kolom C akan keluar pesan  “Maaf, Kode Anda Salah”. Cek sekali lagi input data yang dilakukan.
Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Excel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Elin Pujiastuti