Langsung ke konten utama

Contoh ERD (Entity Relationship Diagram) Penggajian Karyawan

ERD Penggajian Karyawan - Sistem penggajian karyawan merupakan sebuah aplikasi yang dipakai untuk memperlancar penghitungan gaji di suatu perusahaan. ERD (Entity Relationship Diagram) penggajian karyawan merupakan proses permulaan sebelum sebuah program penggajian karyawan dibuat. Fungsi ERD penggajian karyawan menjadi alat bantu dalam menentukan alur proses yang berlangsung dalam sistem aplikasi tersebut.

ERD berfungsi sebagai sebuah model yang akan menjabarkan hubungan antar data dari basis data dengan melihat beberapa obyek dasar data dengan hubungan antar relasi. ERD penggajian karyawan di sini akan memodelkan struktur data serta korelasi antar data. ERD penggajian karyawan dibuat menggunakan sejumlah simbol dan notasi. Desain ERD sendiri meliputi:

- Entitas
Yaitu sebuah obyek yang bisa dibedakan dengan obyek yang lain. Dilambangkan dengan kotak persegi panjang.

- Atribut
Akan menggambarkan karakteristik atau properti sebuah entitas. Dilambangakn dengan bentuk elips.

- Relasi
Yaitu hubungan yang terdapat dalam sebuah entitas atau antar entitas yang satu dengan yang lain dan dilambangkan dengan bentuk belah ketupat. Relasi yang tercipta antara dua kelompok entitas dibedakan menjadi beberapa jenis. Pertama adalah relasi Satu ke satu (One to One) yaitu relasi yang cuma sekali contohnya kelompok entitas A terkait dengan entitas kelompok B. Kedua adalah relasi Satu ke banyak (One to Many) misalnya setiap entitas di kelompok A bisa berkorelasi lebih dari satu dengan entitas di kelompok B namun tak bertindak sebaliknya. Terakhir adalah relasi Banyak ke banyak (Many to Many) misalnya kelompok entitas A bisa berkorelasi lebih dari sekali ke kelompok B begitupun sebaliknya.

Beberapa contoh ERD penggajian karyawan dapat dilihat dari diagram alur berikut ini :

ERD Penggajian Karyawan,erd penggajian,karyawan perusahaan,dfd sistem penggajian,contoh erd,sistem penggajian,penggajian karyawan,contoh sistem penggajian,dfd level 0,sistem penggajian manual,
Baca juga : Update Info Terbaru Gaji Pegawai Telkomsel






Theme Editor by Seo v6