Langsung ke konten utama

Cara Menentukan Gaji Karyawan yang Benar

Cara Menentukan Gaji Karyawan - Memiliki bisnis atau perusahaan sendiri artinya Anda harus selalu aware mengenai segala faktor terkait jalannya perusahaan/bisnis tersebut. Termasuk bagian yang membutuhkan perhatikan serius itu adalah masalah keuangan khususnya gaji karyawan. Selaku bos, penting untuk Anda mempelajari segala hal yang berhubungan dengan gaji. Penting mengetahui bagaimana cara menentukan gaji karyawan secara benar sehingga tak merugikan salah satu pihak baik untuk perusahaan maupun karyawan.
Cara Menentukan Gaji Karyawan,struktur gaji karyawan,komponen gaji,cara menghitung,gaji karyawan bulanan,gaji karyawan,cara menggaji karyawan,gaji karyawan toko,gaji karyawan swasta,cara menentukan,
Baca juga : Contoh ERD (Entity Relationship Diagram) Penggajian Karyawan

Gaji karyawan adalah salah satu elemen penting yang penting dipahami dengan sebaik-baiknya saat Anda hendak merintis bisnis. Besaran gaji karyawan umumnya ditentukan oleh banyak faktor diantaranya skala perusahaan dan level karyawan di perusahaan. Oleh sebab itu sangat penting untuk Anda belajar cara menentukan gaji karyawan secara benar terutama mengenai besaran atau jumlah yang semestinya Anda bayarkan ke karyawan. Ketika mengelola gaji karyawan sejumlah hal harus dipertimbangkan yaitu :

- Besaran gaji karyawan hendaknya menyesuaikan dengan kinerja yang dihasilkan karyawan ke perusahaan. Karyawan dengan tugas cukup berat atau memiliki resiko tinggi semestinya dibayarkan sejumlah gaji yang layak.

- Karyawan dengan prestasi atau memberikan pencapaian maksimal yang berpengaruh baik kepada perusahaan pantas untuk memperoleh imbalan berbentuk bonus selain dari gaji pokok. Pemberian imbalan khusus untuk karyawan berkat pencapaian atau prestasi akan bisa memotivasi karyawan sehingga terpacu untuk mempertahankan dan bahkan akan meningkatkan kinerja bagi perusahaan.

- Karyawan memiliki hak memperoleh kenaikan gaji sesuai dengan tolok ukur tertentu yang berlaku di perusahaan. Sebagaimana pada pemberian bonus, kenaikan gaji tentu bisa memotivasi karyawan sehingga diharapkan kinerjanya semakin meningkat yang akan berdampak ke perusahaan.

Umumnya komponen gaji yang diperoleh karyawan meliputi beberapa aspek. Komponen gaji yang lazimnya diberikan perusahaan ke karyawan seperti gaji pokok, tunjangan tetap, tunjangan khusus yaitu tunjangan operasional atau tunjangan jabatan serta tunjangan tidak tetap diantaranya uang makan dan uang transport. Komponen-komponen penyusun gaji karyawan tadi harus dihitung dengan teliti saat akan menentukan struktur gaji karyawan. Komponen gaji yang dibayarkan satu perusahaan bisa saja tak sama bila dibandingkan komponen gaji yang dibayarkan oleh perusahaan lain.


Theme Editor by Seo v6