Langsung ke konten utama

Komponen dan Format Slip Gaji Karyawan

Format Slip Gaji Karyawan - Slip gaji adalah salah satu dokumen yang dibuat perusahaan setiap bulannya. Bagi mereka yang bekerja sebagai karyawan, tentu sudah akrab dengan selembar kertas dari bagian keuangan perusahaan ini. Memang bukan slip gaji yang dibutuhkan karyawan namun nilai uang di dalamnya yang lebih sering diperhatikan. Slip gaji merupakan bukti sah atau bukti legal penerimaan gaji dari pemberi kerja untuk karyawan.

Format Slip Gaji Karyawan,contoh slip gaji,slip gaji word,slip gaji karyawan toko,slip gaji wiraswasta,slip gaji guru,slip gaji manager,slip gaji pns,slip gaji karyawan,format slip gaji,
Baca juga : Informasi Gaji Pegawai Askrindo

Format slip gaji karyawan untuk tiap perusahaan bisa berbeda tergantung dari komponen-komponen yang ingin dimasukkan. Namun secara umum format slip gaji karyawan terdiri dari beberapa bagian yang meliputi :

- Nama Perusahaan
Komponen teratas sendiri yaitu nama perusahaan. Kira-kira bagian ini berguna menyatakan jika slip gaji karyawan tersebut memang sebagai salah satu dokumen penting perusahaan tersebut. Karenanya orang luar yang membacanya bisa memastikan jika perusahaan tersebut yang membuat slip gaji karyawan itu.

- Menyatakan kerahasiaan dokumen
Di bawah nama perusahaan adalah penjelasan yang menegaskan kerahasiaan slip gaji ini. Kerahasiaan tersebut bisa berupa kalimat "Private dan Confidential". Maksudnya adalah slip gaji tersebut adalah dokumen rahasia dimana karyawan yang namanya tertera di dalamnya saja yang boleh mengetahui.

- Tanggal pembayaran, dan data karyawan
Selanjutnya dari format slip gaji karyawan yakni tanggal pembayaran, penjelasan sub departemen serta data karyawan. Data karyawan bisa berupa nama karyawan, nomor pegawai serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

- Besarnya gaji dan jumlah potongan
Komponen berikutnya dari format slip gaji karyawan yaitu jumlah gaji dan potongan. Penghasilan atau gaji meliputi gaji pokok, tunjangan serta insentif lain. Sedangkan potongan meliputi premi BPJS, saving plan karyawan, utang karyawan ke perusahaan serta iuran keanggotaan karyawan contohnya ke koperasi perusahaan.

- Keterangan lengkap pembayaran
Komponen terakhir yaitu keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji. Komponen tersebut berisikan : penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan sesudah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diperoleh karyawan dan nama bank sebagai institusi  pembayar.

Format slip gaji karyawan seperti disebutkan sebelumnya bisa berbeda-beda antar perusahaan. Kendati begitu, setelah mengetahui kompnen-komponennya secara umum maka bagi karyawan bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan. Slip gaji adalah salah satu dokumen yang dipersyaratkan saat mereka hendak mengajukan pinjaman ke bank atau kredit kendaraan bermotor. Slip gaji pun bisa menjadi bukti otentik sebagai data potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan.


Theme Editor by Seo v6